Penggunaan Comic Strip Pada Materi Future Tense: Tindakan Kelas Pada Mahasiswa Dkv Universitas Indraprasta Pgri
Abstract
Bahasa Inggris saat ini dapat dikatakan bahasa yang universal karena banyak digunakan sebagai alat komunikasi di pelbagai negara. Salah satunya di Indonesia Bahasa Inggris dipelajari mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Dalam bahasa inggris di perguruan tinggi mahasiswa akan mempelajari berbagai macam tenses dan tidak sedikit dari mereka yang merasa kesulitan dalam memahaminya. Salah satu contohnya ialah future tense. Peranan media pembelajaran dalam proses pengajaran sangat penting, apabila mahasiswa masih ada yang merasa kesulitan hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran tersebut perlu dikembangkan dibuat lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan media pembelajaran comic strip. Peneliti memilih komik strip karena dianggap komik strip lebih menarik dan lebih sederhana. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan ujicoba terhadap 3 kelas yang masing – masing kelas terdiri dari 40 mahasiswa, jumlah keseluruhan menjadi 120 mahasiwa. Dalam hal ini peneliti akan melakukan pretest kemudian melakukan tindakan kelas lalu post test guna melihat hasil dari pengunaan comic strip dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan nilai tes dan hasil wawancara. Data menunjukan ada peningkatan nilai rata- rata 18%.
Kata kunci : Komik Strip, Media pembelajaran, Future tense
Abstract
Todays we can say that English is a universal language because it is used as communication tool in many countries. In Indonesia English is studied from elementary school to college. Student in college will study any kinds of tenses, and some of them face the difficult in understanding it, for example future tense. The role of teaching learning media in teaching process is very important. If there is student who feels the difficulties, it means that the teaching learning media need to be improved and made more interesting. The aim of this research is to find the effectiveness of comic strip. The researchers choose comic strip because they think that comic strip is more interesting and simple than before. Researchers use action research method that will be tested to 3 classes which consist of 40 students from each class, and the total respondent is 120 students. Researchers will take the pretest, action in the class, take the post test to see the result of using the comic strip. The data collection is taken from score and interview. the data shown the increasing 18%.
Key words : comic strip, teaching and learning media, future tense.
References
Djamarah, S.B & Zain,A (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Davison, R. M., Martinsons, M. G., Kock N., (2004), Information Systems. Journal Principles of Canonical Action Research 14, 65–86.
Firda Maghfirah, Herowati.(2017). Pengembangan Media Komik strip sains “ Pemanasan Global” Untuk meningkatkan Motivasi membaca Siswa kellas VII SMPN 2 Sumenep. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA.7(2):76-84
Gunawan, (2004). Makalah untuk Pertemuan Dosen UKDW yang akan melaksanakan penelitian pada tahun 2005, URL : http://uny.ac.id, diakses 9 January 2014
Karmiani, S. (2018). Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada Kelas VIII SMPN 3 Teluk Kuantan. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 2(6):883-890
Nurul Hidayah, Rifky Khumairo Ulva. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 4 (1): 34-46.
Copyright (c) 2020 EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.