Penguatan Pendidikan Seksual Pada Anak Melalui Integrasi Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 3 Krapyak Jepara
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penguatan Pendidikan seksual melalui integrasi tematik di SD Negeri 3 Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui teknik pengambilan data melakukan wawancara dengan mengajukan pertanyaan terstruktur, observasi turun lapangan, dan pendokumentasian untuk merekam data mengenai pelaksanaan pendidikan seksual melalui pembelajaran tematik. Hasil penelitian dari penguatan pendidikan seksual pada anak sekolah dasar melalui integrasi pembelajaran tematik di SD Negeri 3 Krapyak dalam perencanaannya pembelajaran seksual melalui materi ajar organ-organ vital manusia yang diajarkan pada kelas kelas 5, sedangkan materi pubertas di kelas 6. Pendidikan seksual di kelas 6 dikupas melalui pembelajaran pubertas di mata pelajaran utama Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) secara tematik berkolaborasi dengan mata pelajaran Pendidikan, Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) dan Pendidikan Agama. Implementasi Pendidikan seksual yang diterapkan adalah pembelajaran seksual disampaikan secara penyisipan atau selingan. Dalam pelaksanaan pembelajarannya memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti pemutaran video yang dapat menarik perhatian peserta didik dan alat peraga guna memberikan gambaran. Model pembelajaran yang diterapkanyakni memisahkan materi yang lebih mendalam dengan melihat urgensi pendidikan seksual di situasi maraknya pelecehan seksual dini.
References
Abidin, A. A. (2018). Perilaku penyimpangan seksual dan upaya pencegahannya di kabupaten jombang. Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti, 545–563. http://ejurnal.iaida.ac.id
Amalia, E., Afdila, F. L., & Andriani, Y. (2018). Pengaruh Pemberian Pendidikan Seksual Terhadap Kejadian Kekerasan Seksual Pada Anak Di Sd Negeri 04 Balai Rupih Simalanggang Payakumbuh Tahun 2018. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 5(2), 162–168. https://doi.org/10.33653/jkp.v5i2.125
Andriani, A., & Irawan, D. (2023). PENDIDIKAN SEKSUALITAS DALAM PERSPEKTIF ISLAM MENGANTISIPASI PELECEHAN SEKSUAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR. 106–113.
Anggraeni, L. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Orang Tua terhadap Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini di Sekolah Dasar Kartika VIII-5 Jakarta Selatan Tahun 2014. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 23–28. https://doi.org/10.29313/ga.v1i2.3383
Astri, L., Winarni, S., & Dharmawan, Y. (2016). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Reproduksi Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Awal Sekolah Dasar Di Daerah Wisata Bandungan, Kabupaten Semarang Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(4), 213–219.
Bella, S. M., & Farida, I. (2017). Pendidikan Seksualitas Sejak Dini Sebagai Upaya Menghindarkan Anak-Anak Usia Sekolah Dasar Dari Penyimpangan Seksualitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254539.
Dahlia, Sutrisno, & Qibtiyah, A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Anak Pendidikan Seksualitas Anak Usia Dini Terintegrasi dalam Pembelajaran Tematik Terpadu. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE), 5(1), 40–57. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/2970/0
Dewi, R., & Bakhtiar, N. (2020). Urgensi Pendidikan Seksual dalam Pembelajaran bagi Siswa MI / SD untuk Mengatasi Penyimpangan Seksual. 128–138.
Elok Permatasari, G. S. A. (2016). Gambaran Pemahaman Anak Usia Sekolah Dasar Tentang Pendidikan Seksual Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. 9(1), 1–23.
Hastuti, S. (2014). PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK DI TK DAN SD: Sebuah Interaksi Pelayanan Bimbingan. September, 1–11.
Irawan, V. (2021). PENDIDIKAN SEKS PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TELAAH BUKU KETIKA ANAK BERTANYA TENTANG SEKS KARYA HASAN EL-QUDSY) SKRIPSI.
Kurniawati, L. (2023). Implementasi Pendidikan Seksual Pada Anak Bawah Umur Di Era Milenial. 7(1), 724–731. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4712/http
Ninawati, M., & Handayani, S. L. (2018). Pengaruh Pendidikan Seksual Dalam Pembelajaran Terhadap Perilaku Kekerasan Seksual Siswa Kelas Vi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 217. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.13791
Nugrahani, F. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1). http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Nuramini, A. (2022). Penguatan Pendidikan Seksual Melalui Implementasi Kurikulum Berbasis Fitrah SD IT Insantama Malang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9228–9236.
Silawati, E., Harun, C. A., Ananthia, W., Muliasari, D. N., Yuniarti, Y., & Yuliariatiningsih, M. S. (2018). LITERASI MEDIA ANAK USIA DINI: STRATEGI PENANGGULANGAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK. 33–41.
Solihin. (2018). PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI. 1, 56–74.
Sunarni, S., Sumarsono, R. B., Kusumaningrum, D. E., & Prestiadi, D. (2022). Needs Assesment Buklet Edukatif Tematik Integratif untuk Memberikan Pendidikan Kesehatan Reproduksi bagi Peserta Didik Kelas Atas di Sekolah Dasar. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(3), 235–246. https://doi.org/10.17977/um027v5i32022p235
Umar Sidiq, M. M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Wiarsih, N., & Astawan, I. G. (2021). Pendidikan Responsif Gender dan Kesehatan Reproduksi dalam Proses Pembelajaran. 26(2), 333–338.
Zahra, S. L. (2023). STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN SEKSUAL SEBAGAI ANTISIPASI PERILAKU PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI.
Copyright (c) 2025 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.