Strategi Penguatan Karakter Mandiri Belajar Siswa Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Bimbingan Guru Di SDIT Al-Islamiyyah
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi penguatan karakter kemandirian belajar siswa melalui pola asuh orang tua dan bimbingan guru. Latar belakang nya yaitu sekolah juga turut berperan dalam memberikan kesempatan kepada anak untuk mandiri, dengan bantuan dan bimbingan guru anak bisa lebih mandiri dan berkembang didalam belajar. Tujuan penelitian ini mengetahui strategi penguatan karakter kemandirian belajar melalui pola asuh orang tua dan bimbingan guru, kemudia mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan karakter kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang peneliti lakukan adalah Anak-anak di SDIT Al-Islamiyyah kebanyakan sudah mandiri walaupun masih perlu bantuan beberapa orang tua sudah menerapkan strategi dalam kemandirian belajar adanya pola asuh dari orang tua yang dimana akan membentuk anak menjadi mandiri dengan kebiasaan-kebiasaan yang orang tua terapkan. Guru memberikan pembiasaan kepada anak-anak karena, pembiasaan salah satu bentuk bimbingan pada anak terutama dalam mengembangkan kemandirian belajar anak dikelas.
References
Ahmad, S. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.
Damayanti. (2004). Psikologi Manajemen. Jakarta: Progres. Cochran.
David, R. F. (2011). Stategic Management Manajemen Strategi Konsep. Bandung.
Dindin, J. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Erikson, E. (2010). Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Muzammil, F. R. (2020). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Program Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) Di MAN Model Banda Aceh.
Mulyaningtyas, d. (2007). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Purwanto, M. N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja.
Rifky. (2020). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 85-92.
Sunarty. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian anak.
Umar, T. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2025 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.