Strategi Penguatan Karakter Mandiri Belajar Siswa Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Bimbingan Guru Di SDIT Al-Islamiyyah

  • Habibah Rahmadani Tidak Ada
  • Fadilah Prabowo Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah Bekasi
  • Danang Dwi Basuki Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah Bekasi
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Bimbingan Guru, Kemandirian Belajar Siswa.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi penguatan karakter kemandirian belajar siswa melalui pola asuh orang tua dan bimbingan guru. Latar belakang nya yaitu sekolah juga turut berperan dalam memberikan kesempatan kepada anak untuk mandiri, dengan bantuan dan bimbingan guru anak bisa lebih mandiri dan berkembang didalam belajar. Tujuan penelitian ini mengetahui strategi penguatan karakter kemandirian belajar melalui pola asuh orang tua dan bimbingan guru, kemudia mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan karakter kemandirian belajar siswa. Metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang peneliti lakukan adalah Anak-anak di SDIT Al-Islamiyyah kebanyakan sudah mandiri walaupun masih perlu bantuan beberapa orang tua sudah menerapkan strategi dalam kemandirian belajar adanya pola asuh dari orang tua yang dimana akan membentuk anak menjadi mandiri dengan kebiasaan-kebiasaan yang orang tua terapkan. Guru memberikan pembiasaan kepada anak-anak karena, pembiasaan salah satu bentuk bimbingan pada anak terutama dalam mengembangkan kemandirian belajar anak dikelas.

References

Agus, D. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ahmad, S. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara.

Damayanti. (2004). Psikologi Manajemen. Jakarta: Progres. Cochran.

David, R. F. (2011). Stategic Management Manajemen Strategi Konsep. Bandung.

Dindin, J. (2013). Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.

Erikson, E. (2010). Childhood and Society. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Muzammil, F. R. (2020). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Program Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) Di MAN Model Banda Aceh.

Mulyaningtyas, d. (2007). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Purwanto, M. N. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja.

Rifky. (2020). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 85-92.

Sunarty. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian anak.

Umar, T. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2025-04-30
How to Cite
Rahmadani, H., Prabowo, F., & Basuki, D. (2025). Strategi Penguatan Karakter Mandiri Belajar Siswa Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Bimbingan Guru Di SDIT Al-Islamiyyah. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 56-71. https://doi.org/10.54125/elbanar.v8i1.179