ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI MAN 6 PASAMAN BARAT

  • Sri Mulyati Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • M. Isnando Thamrin Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zaini Adlan MAN 6 Pasaman Barat
Keywords: Minat Belajar, Fiqih, Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menerapkan model pembelajaran koperatif dengan metode two stay two stray untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah model pembelajaran koopertaif cocok diterapkan  serta dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran fiqih. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara, dan subyek dalam penelitian ini adalah siswa MAN 6 Pasaman Barat kelas XI MIPA. Berdasarkan pengamatan peneliti pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, peneliti melihat minat belajar siswa lebih tinggi, karena di sini siswanya lebih aktif, bersemangat dan antusias dalam belajar. Hal ini terbukti ketika presentasi di depan, semuanya dapat menjelaskan materi dengan baik, meskipun masih ada dua orang siswa lagi yang tidak ikut presentasi. Berdasarkan pengamatan tersebut, dapat peneliti simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif cocok diterapkan pada pelajaran fiqih dan juga pelajaran lainnya, karena model pembelajaran ini dapat meningkatkan minat belajar siswa.

References

Arifin, R. A. (2018). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Materi Fiqh Bab Shalat Dengan Menggunakan Media Visual di SD Muhammadiyah 8 Surabaya . Jurnal Pendidikan Islam.
Djamrah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Mahmud. (2019). Inovasi Metode Pembelajaran Fikih Untuk Menarik Minat Belajar Peserta Didik di MTSN 5 Hulu Sungai Utara. Al-Risalah.
Moleong, l. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Mulyantini, N. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. 7.
Safitri, A. (2021). Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Laboratorium . Skripsi.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Solihatin, R. d. (2007). Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Wahid, A. H. (2021). Problematika Pembelajaran Fiqih Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Edureligia.
Published
2023-02-28
How to Cite
Mulyati, S., Thamrin, M. I., & Adlan, Z. (2023). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI MAN 6 PASAMAN BARAT. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(2), 57-68. https://doi.org/10.54125/elbanar.v5i2.136