Penggunaan Real Object Dapat Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menggunakan media realia yang dapat meningkatkan minat belajar sains.Tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui catatan lapangan, lembar observasi, catatan wawancara, dan catatan dokumentasi. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengetahui persentase peningkatan minat belajar sains anak setelah tindakan dengan menggunakan media realia. Berdasarkan data kuantitatif tersebut, diperkuat dengan temuan data kualitatif bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan minat belajar sains anak.
References
Arikunto, Suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Brewer, Jo Ann. Intorduction to Early Childhood Preschool through Primary. Grades, USA: Allyn and Bacon, 1992.
Handini, Myrnawati Crie. Metodologi Penelitian untuk Pemula. Jakarta: FIP Press, 2012.
Hurlock, Elizabeth. B. Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta : Erlangga, 2005.
Nugraha, Ali. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Ruis. Instructional Media. Jakarta: Ministry of National Education, 2009.
Semiawan, Conny R. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: Prenhallindo, 2002.
Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, James D. Russel, Instructional Technology & Media For Learning Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana, 2011.
Suhendar, Tatang. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2009.
Zaman, Badru & Cucu Elyawati. Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : UPI, 2010.
Copyright (c) 2018 El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.