GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA KUMPULAN PUISI DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

  • Sahrul Umami Universitas Indraprasta PGRI
  • Puji Anto
Keywords: Gaya Bahasa, Perbandingan, Puisi, dan Pembelajaran Sastra

Abstract

Karya tulis ini mendeskripsikan gaya bahasa perbandingan pada kumpulan puisi Kwatrin Untuk Kekasih karya Waluya Ds dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan gaya bahasa perbandingan pada kumpulan puisi Kwatrin Untuk Kekasih karya Waluya Ds dalam pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Penulis berusaha mendeskripsikan gaya bahasa perbandingan pada kumpulan puisi Kwatrin Untuk Kekasih Karya Waluya Ds dalam pembelajaran sastra di SMA. Hasil penelitian ini terdapat gaya bahasa perbandingan jenis alegori, alusio, hiperbola, metafora, personifikasi, simile, dan sinekdoke (pars pro toto dan totum pro parte). Pembelajaran sastra di SMA bahwa kumpulan puisi tersebut dapat dijadikan media pembelajaran. Simpulan dalam penelitian ini, pengajaran mengenai gaya bahasa dalam kumpulan puisi tersebut dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam memilih kata dan merangkai kata-kata sampai menghasilkan karya sastra yang memiliki nilai estetis.

References

Agni, B. (2009). Sastra Indonesia Lengkap: Pantun Puisi Majas Peribahasa Kata Mutiara. Jakarta: Hi-Fest Publishing.
Djojosuroto, K. (2005). Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.
Kosasih, E. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Kurniawan, H., & Sutardi. (2010). Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Laila, A. (2016). Gaya Bahasa Perbandingan dalam Kumpulan Puisi Melihat Api Bekerja Karya M AAN Mansyur (Tinjauan Stilistika). Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2). https://media.neliti.com/media/publications/79994-ID-gaya-bahasa-perbandingan-dalam-kumpulan.pdf
McMahan, E. (1992). Literature and the Writing Process. New York: Micmillan.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahman, F., & Anto, P. (2015). Analisis Lirik Lagu dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Gaya Bahasa serta Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1). https://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/8
Umami, S. (2018). Pembelajaran Apresiasi Sastra dan Nilai-Nilai Kemanusiaan (Kajian Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy. El-Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1). https://staibanisaleh.ac.id/ojs/index.php/ElBanar/article/view/15/6
Wulandari, R. A., Suyanto, E., & Fuad, M. (2015). Majas dalam Kumpulan Puisi dan Pembelajaran di SMA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 3(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/10401
Published
2020-06-29
How to Cite
Umami, S., & Anto, P. (2020). GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA KUMPULAN PUISI DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 3(1), 14-26. Retrieved from http://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/40