PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI NURUL ANWAR KOTA BEKASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV MI Nurul Anwar Kota Bekasi dan seberapa besar pengaruh tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode expost facto. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus slovin dengan batas toleransi kesalahan 10%, lalu menggunakan teknik proporsional random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner (angket), wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh dengan bantuan Ms. Excel menunjukkan bahwa hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 24,8442 + 2,7352 X, artinya semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua, semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan diperoleh hasil uji t yaitu ????ℎ???????????????????? > ???????????????????????? (6.808199 > 2.01290) maka ????0 ditolak dan ???????? diterima dengan determinasi 50,2% tingkat pendidikan orang tua memberikan kontribusi terhadap motivasi belajar siswa dan 49,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV MI Nurul Anwar Kota Bekasi.
References
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Prkatik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasbullah. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Helmawawati. 2014. Pendidikan Keluarga: Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kompri. (2015). Motivasi Belajar: Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudjiran. (2021). Psikologi Pendidikan: Penerapan Prinsip-Prinsip Psikologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.
Sardiman A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Tindakan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. (2010.) Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Askara.
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal PANCAR. Vol 3. No 1. hlm. 233.
Widodo, Ariyo. (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa SD Kelas V. Diakses. 02 Desember 2024. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/%2 0515/481.
Copyright (c) 2024 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.