Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah

  • Suryadi Suryadi
Keywords: Anak Usia Dini;, Kemandirian;, Metode Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemendirian anak melalui metode pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model penelitian yang dikemukakan oleh Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus yang terdiri dari masing-masing 4 (empat) kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok A PAUD Anak Bangsa Kota Serang yang berjumlah 10 orang siswa. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik yaitu melihat hasil yang diperoleh dari data siklus I dan Siklus II. Data kualitatif dengan menggunakan teknik Miles Huberman dengan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak setelah diberikan intervensi dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah.

References

George S, Morrison S. 2009. Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini . Jakarta: Indeks
Mohamad, Mastari. 2011. Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo
Nakita. Kemandirian Anak Prasekolah (http://tabloid-nakita.com/artikel.php3?edisi=0946 1&rubrik=prasekolah) diakses pada tanggal 21 November 2015 pukul 23.11 WIB.
PilarPendidikan, EmpatPilarPendidikanyangdirekomendasikanUNESCOyangdapatdigunakansebagaiPrinsipPembelajaranyangbisaditerapkandiduniaPendidikan. Googleuntukhttp://haneef4h.multiply.com/journal/item/48 19:45PM, 01 November 2015.
Richard, Arends I, 2008.Learning to Teach Jilad II. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajawaliPers.
Taufik, Amir. 2013, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana
Uno, B Hamzah. 2011. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara,
Wina, Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Prenada Media
Wiyani, Ardy Novan. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Pendekatan Pembelajaran. Jakarta: GP Pers Group 2013.
Published
2019-05-06
How to Cite
Suryadi, S. (2019). Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.54125/elbanar.v2i1.22