ANALISIS PROBLEMATIKA KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI TENGAH PANDEMI DAN DAMPAKNYA BAGI PENDIDIKAN DI INDONESIA
Abstract
Tak dapat dipungkiri, pandemi virus covid-19 yang terjadi mulai tahun 2020 yang lalu, telah merubah seluruh tatanan kehidupan manusia, khususnya di bidang pendidikan. Hal tersebut terjadi di berbagai belahan negara, tak terkecuali Indonesia. Implikasinya, mengharuskan pendidikan untuk berubah dan beradaptasi secara cepat untuk tetap agar bisa melanjutkan proses pembelajaran. Tujuan dari artikel ini untuk meninjau dampak-dampak yang ditimbulkan oleh kebijakan pendidikan di kala pandemi, yaitu kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Work From Home (WFH) di dunia pendidikan. Artikel ini ditulis dengan meninjau artikel-artikel dan referensi terkait tentang kebijakan pembelajaran online yang dianggap sebagai solusi untuk tetap melanjutkan proses pembelajaran ketika sekolah-sekolah ditutup untuk menghindari penyebaran virus covid-19. Namun, di lain sisi kebijakan tersebut telah terbukti memunculkan berbagai macam problematika baru seperti sulitnya mencapai tingkat pemahaman siswa, keterbatasan pengetahuan teknologi, keterbatasan sarana prasarana karena perbedaan wilayah dan lain sebagainya. Begitu juga, kebijakan tersebut telah memberikan dampak terhadap proses transformasi ilmu pengetahuan, baik terhadap peserta didik, pendidik maupun orang tua. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif.
References
Anugrahana, Andri, “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Scholaria 10, no. 3 (2020)
Chakraborty, M. and Muyia Nafukho, F. "Strengthening student engagement: what do students want in online courses?", European Journal of Training and Development, Vol. 38 No. 9, (2014)
El Widad, Zuha dan M. Yunus Abu Bakar. “Wajah Baru Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi dan Analisis Problematika Kebijakan Pendidikan di Tengah Pandemi”. Mappesona: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Volume. 3, No. 1, (Februari 2021).
https://news.detik.com/berita/d-4953745/negara-lockdown-gegara-corona-makin-banyak-ini-daftarnya diakses pada tanggal 15 Juni 2022 pukul 09.50 WIB.
https://nasional.tempo.co/read/1551780/update-covid-19-per-19-januari-2022-bertambah-1-745-kasus-meninggal-9-orang diakses pada tanggal 15 Juni 2022 pukul 10.00 WIB.
https://bnpb.go.id.
https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19/ diakses pada tanggal 16 Mei 2022 pukul 18.30 WIB
https://www.kpai.go.id/publikasi/ada-246-aduan-di-kpai-soal-belajar-daring-siswa-keluhkan-tugas-menumpuk-kuota diakses pada tanggal 18 Mei 2022 pukul 09.00 WIB
https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/17/153000465/apa-itu-virus-corona-yang-jadi-penyebab-penyakit-covid-19-mers-dan-sars?page=all diakses pada tanggal 15 Juni 2022 pukul 09.40 WIB.
Kariyani, Leni Nurul. Analisis Dampak Kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) Oleh Pemerintah Bagi Pelaku Pendidikan di SMA Muhammadiya Sumbawa. Equilibrum: jurnah Pendidikan vo, IX no. 1 (Januari-April 2021)
Mila Karmila Widya Sari, Andi Muhammad Rifki, “Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak jauh Pada Masa Darurat Covid-19.”| Sari | JURNAL MAPPESONA,” Mappesona
Ningsih, W. Dampak Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, Vo, 2, No. 1, (2021)
Purwanto, A., dkk. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal: Journal of education, Psychology, and Counseling, (2020)
Saleh, A.M. Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 2, (2020)
Yuliati, Yeda dkk. “Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan”. Penerbit Yayasan Kita Menulis (Agustus 2020). Google Books.
Copyright (c) 2024 El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.