Pembelajaran Apresiasi Sastra Dan Nilai-Nilai Kemanusiaan

(KAJIAN NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY)

  • Sahrul Umami
Keywords: Pembelajaran, Nilai-nilai Kemanusiaan, Novel

Abstract

Pembelajaran Apresiasi Sastra dan Nilai-Nilai Kemanusiaan (kajian Novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy). Penelitian ini bertujuan memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai pembelajaran apresiasi sastra dan nilai-nilai kemanusiaan. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dengan cara mendeskripsikan nilai-nilai kemanusiaan dilihat dari unsur intrinsik. Hasil penelitian ini (1) nilai-nilai kemanusiaan yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening meliputi hubungan manusia dengan Tuhan, sesama manusia, dirinya sendiri, dan alam sekitar. (2) novel Bidadari Bermata Bening dapat dijadikan media pembelajaran apresiasi sastra karena mengandung pesan-pesan nilai kemanusiaan untuk membentuk karakter dan kepribadian siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dan lingkungan masyarakat. Simpulan dalam penelitian ini, pembelajaran apresiasi sastra dan nilai-nilai kemanusiaan kajian novel Bidadari Bermata Bening dapat diaplikasikan oleh siswa dalam pembelajaran apresiasi sastra di kelas dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan baik sekolah maupun lingkungan.

References

Aminudin. (2013). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Press.
Emzir dan Saifur Rohman. (2015). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Press.
Diana, Ani. (2017). Nilai Kemanusiaan pada Novel Sepatu Terakhir Karya Toni Tegar Sahidi. Dalam Jurnal Pesona. Volume 3. No. 2. Hlm. 144-155. ISSN Cetak: 2356-2080. ISSN Online: 2356-2072. Pada Website: https:// ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/pesona/article/ view/442/219. Diakses pada Jumat, 16 Februari 2018. Pukul 21.25 WIB.
Herimanto dan Winarno. (2016). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermansyah, Agus Kichi. 2017. Nilai-Nilai Kemanusiaan dalam Buku 100 Cerita Anak Pilihanan Kesesuaiannya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SD/MI. Dalam Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. Vol 4. No. 1. Tahun 2017. hlm. 17-28. Pada Website: http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/ index.php/ibtida/article/view/1368/1090. Diakses pada Jumat, 16 Februari 2018. Pukul 21.20 WIB.
Ibrahim, Nini. (2014). Perencanaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Jakarta: Mitra Abadi.
Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya
Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nurgiantoro, Burhan. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Permata, Kadek Adi Wira, I Wayan Rasna, dan I Gede Nurjaya. Analisis Nilai-Nilai Kemanusiaan Novel “Bekisar Merah” Karya Ahmad Tohari dan Kesesuaiannya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. Vol. 2. No.1. Tahun 2014. Dalam Website: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/3268. Diakses pada minggu, 21 Januari 2018. Pukul 03.30 WIB.
Raharjo, Yusuf Muflikh, Herman J. Waluyo, dkk. (2017) Kajian Sosiologi Sastra dan Pendidikan Karakter dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra serta Relevansinya dengan Materi Ajar Di SMA. Dalam Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6. No.1. April. hlm. 17. P-ISSN: 2303-288X E-ISSN: 2541-7207. Pada Website: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/8627/6321. Diakses Pada Jumat, 16 Februasi 2017. Pukul 21.45 WIB.
Rahman, Fauzi. 2018. Classic Polemical between the novel of Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck and Magdalena. HORTATORI Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 108-115.
Rahman, Fauzi & Ryan Hidayat. 2018. Kearifan Lokal dan Benturan Budaya Orang Indonesia di Negara Luar dalam Novel Edensor Karya Andrea Hirata. BAHASTRA, 38(1), 34-42.
Tumanggor, Rusmin, dkk. 2014. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.
Published
2018-10-27
How to Cite
Umami, S. (2018). Pembelajaran Apresiasi Sastra Dan Nilai-Nilai Kemanusiaan. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 69-80. https://doi.org/10.54125/elbanar.v1i1.15